Jan 20, 2019

Mengenal Soloi dan Susiru

Alat Pertanian dan perlengkapan Dapur

Oleh: Karman Zein

SOLOI / SALOI

Sekedar mengenal salah satu alat digunakan oleh pekerja kebun yakni soloi. Soloi/saloi merupakan salah alat yang digunakan untuk mengisi atau mengangkut barang bawaan bila pergi atau pulang dari kebun. Bahan dasar  pembuatan saloi  adalah bambu (bulu). adapun bahan lain yang digunakan yaitu tali, dan pohon rotan.

Ditempat tertentu saloi tidak selamanya berbahan dasar bambu, sebut saja "Muas", dan Rotan", alasan pemilihan kedua bahan ini erat kaitannya dengan tingkat kelenturannya. Muas dan rotan merupaka sejenis pepohonan yang tumbuh di dataran tinggi.

Nama Lokal Soloi
  • Patani              : Belei
  • Makean luar    : Salei
  • Sula                  : Kal
secara fisiknya soloi  berbentuk kerucut dan kita akan berfikir dalam sisi kapasitas, soloi sangat sedikit isinya. akan tetapi terdapat alasan. kenapa harus kerucut?

Berdasarkan realitas  kehidupan masyarakat di Maluku Utara bahwa soloi/saloi lebih dekat dengan perempuan. Saloi berfungsi sebagai keranjang digunakan untuk mengangkut barang bawaan dari kebun. Bentuk kerucut, saloi mencirikan struktur dan pola serta perilaku masyarakat pekebun atau petani umumnya di Maluku Utara. dapat dijelskan bahwa struktur saloi yang terbuat dari bambu atau muas ini sangat fleksibel dalam penggunaannya.

Ternayata masyarakat dahulu kala merancang saloi dengan bentuk kerucut ini sangat beralasan, bentuk seperti pada gambar dibawah adalah bagian dari penyesuaian keadaan fisik manusia dan keadanan alam. Misalnya ketika seorang perempuan memakai saloi yang berisi muatan hasil kebun dan bergegas turun dari kebun yang notabene bergunung, dimana setiap langkah turun dari kebun membuat sesorang mengalami kecapean,  saat kelelahan atau kecapean, perlu beristirahat sejenak. pada saat itulah posisi saloi yang kerucut inilah membantu si pengguna.

Coba kita amati dibagian bawah saloi terdapat semacam alas gelang (Potongan Pipa), alas ini merupan bentukan penyesuaian yang fleksibel, dapat menjadi tumpuan ketika meletakkan saloi atau dengan kata lain seseorang duduk pada posisi lahan/tanah yang miring maka alas tersebut menjadi tumpuan penahan bagi pengguna. saloi lebih cocok digunakan bagi pekebun di gunung.

Gambar : Soloi/saloi


Tatapa merupakan alat perlengkapan dapur yang digunakan sebagai tapisan beras, jagung dan bahan makanan lainnya. tatapa terbuat dari bahan baku bambu yang dianyam sesuai bentuknya. tatapa juga di gunakan sebagai wadah mengeringkan bahan makan mentah.

Gambar: Susiru


Nama Lokal Susiru

Patani: lillogoe
Makean luar: Tatapa
Galela: Tatapa
Sula: Sid/Nyiru
 .
Bersambung.....Next deskripsion.

No comments:

Post a Comment